Selain Spongebob SquarePants, 4 Animasi ini juga Pernah Ditegur KPI

Selain Spongebob SquarePants, 4 Animasi ini juga Pernah Ditegur KPI

Pemberian sanksi teguran pada tayangan Big Movie Family film The Spongebob Squarepants Movie oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menjadi perbincangan hangat masyarakat Indonesia.

KPI Menilai tayangan ini mengandung unsur kekerasan sehingga di anggap berbahaya untuk anak-anak. Namun. teguran untuk tayangan Spongebob SquarePants ini ternyata bukan yang pertama kali terjadi. Pada tahun2014 serial animasi Spongebob SquarePants juga pernah mendapat teguran yang sama. BandarQ Online

Tak hanya Spongebob SquarePants, sejumlah animasi lain yang tayang di Indonesia juga pernah mendapat teguran KPI. Berikut 4 animasi lainnya yang pernah di tegur KPI :

1 . Bima Sakti

Serial animasi Bima Sakti pernah mendapat teguran KPI pada tanggal 9 Juni 2014 berdasarkan surat teguran nomor 1330/K/KPI/06/14. KPI menemukan pelanggaran pada serial animasi Bima Sakti yang tayang di ANTV pada 12 Mei 2014 pukul 12.53 WIB.

“Program Siaran Animasi tersebut secara eksplisit menayangkan adegan pemukulan yang dilakukan berulang kali ke wajah lawannya,” tulis KPI dalam situs web resminya.

Jenis pelanggaran ini di kategorikan sebagai pelanggaran terhadap perlindungan kepada anak-anak dan remaja, penggolongan program siaran serta pelanggaran dan pembatasan adegan kekerasan.

Selain itu, KPI pusat juga menemukan adegan lainnya pada 12 Mei 2014 pukul 13.02 yang menanyangkan adegan pelemparan pisau ke arah Bima. Menurut KPI, adegan ini sangat berbahaya dan rentan untuk di tiru dan di lakukan oleh anak-anak.

“KPI menilai tayangan animasi ini secara keseluruhan bermuatan kekerasan, sehingga tidak layak pada jam tayang anak-anak atau klasifikasi A. Jika tetap ingin menayangkan program tersebut dapat menayangkan pada jam tayang dewasa yaitu pukul 22.00-03.00 WIB,” papar KPI.

2. Little Krishna

Serial animasi Little Krishna juga di kategorikan dalam tayangan anak berbahaya. Kpi melayangkan surat tegurannya pada 3 September 2015 dengan nomor 973/K/KPI/09/15.

Dalam situs web resminya KPI menjelaskan, berdasarkan pengaduan masyarakat, pemantauan dan hasil analisis menilai Little Krishna yang tayang di ANTV pada 1 September 2015 mulai pukul 07.28 WIB tidak memperhatikan ketentuan tentang perlindungan anak-anak dan remaja. Agen Domino 99

Menurut KPI, Program tersebut menanyangkan adegan kekerasan berupa pembacokan. “KPI Pusat menilai muatan tersebut tidak dapat di tayangkan karena berpotensi memberikan pengaruh buruk pada anak-anak dan remaja yang menonton,’tulis KPI.

3. Tom & Jerry

Serial animasi Tom & Jerry juga di kategorikan sebagai tayangan berbahaya untuk anak-anak. Pada tanggal 04 Mei 2014, KPI mengeluarkan surat peringatan nomor 959/K/KPI/05/14 untuk program yang tayang di ANTV ini.

“Berdasarkan pengaduan masyarakat, pemantauan dan hasil analisis menilai program siaran “Tom&Jerry” yang di tayangkan oleh stasiun ANTV pada tanggal 04 Mei 2014 pada pukul 08.01 WIB tidak memperhatikan ketentuan tentang perlindungan anak-anak dan remaja,”tulis KPI

Menurut KPI, tayangan ini tidak memperhatikan pelarangan dan pembatasan siaran rokok, napza dan minuman beralkohol serta penggolongan program siaran yang telah di atur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS).

“Program tersebut menayangkan adegan tokoh Spike tengah merokok. Kpi Menilai tayangan tersebut menampilkan perilaku yang tidak pantas serta dapat menimbulkan dampak negatif dan berpotensi di tiru oleh anak,”lanjut KPI.

4. Crayon Sinchan

Berbeda dengan Bima sakti, Little Krishna, dan Tom&Jerry serial animasi Crayon Sinchan tidak masuk dalam kategori tayangan anak berbahaya.

Namun Crayon Sinchan yang pada 2014 tayang di RCTI dan Spongebob SquarePants yang saat itu tayang di Global TB masuk dalam kategori hati-hati. Orang tua diimbaukan untuk mengawasi putra-putinya yang menyaksikan tayangan ini. AduQ Online Terbaik

“Kami instruksikan kepada stasiun TV tersebut untuk menghilangkan muatan-muatan kekerasan dan adegan berbahaya serta tidak pantas di tiru oleh anak-anak. Bila tidak bisa di edit, berarti tayangan tersebut memang tidak layak di tonton dan harus di hentikan,” tulis KPI.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*