Pamit dari Indonesia, Ini 5 Fakta Tak Terduga Soal Pepsi

Pamit dari Indonesia, Ini 5 Fakta Tak Terduga Soal Pepsi

Minuman berkarbonasi , Pepsi memang cukup familiar di Indonesia. Minuman ini mudah sekali di temukan di restoran cepat saji atau bahkan minimart sekalipun. Sayangnya, para penggemar pepsi kini harus menahan tangis lantaran kabar soal pamitnya Pepsi di Indonesia.

Kabar soal pamitnya Pepsi dari Indonesia dibenarkan oleh pihak Pepsi Indonesia. Melalui juru bicara PepsiCo, pihaknya menyebut kalau Pepsi akan keluar dari Indonesia tanggal 10 Oktober 2019.

Alasan pasti kenapa Pepsi tidak lagi di jual di Indonesia adalah karena berakhirnya kontrak kerja sama antara PepsiCo Inc dan PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (AIBM). Keduanya juga telah sepakat untuk tidak melanjutkan kerja sama lagi. “PepsiCo berharap bisa kembali ke pasar Indonesia dengan merek-merek ternama kami seperti Pepsi, Miranda, 7up, dan Mtn Dew di masa yang akan datang,” tulisnya. BandarQ Online

Kabar pamit Pepsi dari Indonesia tentu mengejutkan para penggemarnya. Berikut 5 fakta tak terduga soal pepsi.

1. Dyspepsia (Gangguan Pencernaan)

Umumnya, merek produk atau perusahaan di ambil dari nama pencetusnya sebagai pengingat di masa kelak. Namun berbeda dengan Pepsi, nama Pepsi sendiri berasal dari kata ‘dyspepsia’ yang artinya gangguan pencernaan.

Sang penemu, Caleb Davis Bradham (seorang apoteker dan juga guru) awalnya meramu minuman tersebut pada 1893, dan menyebutkan sebagai ‘Brad’s Drink’. Minuman itu terbuat dari campuran gula, air, karamel, minyak lemon, pala, dan bahan tambahan alami lainnya.

Lalu, pada 28 Agustus 1898, Bradham secara resmi mengganti nama minumannya menjadi ‘Pepsi-Coke’. Dengan alasan, bahwa minuman tersebut lebih dari sekedar penyegar tetapi menjadi cola ‘sehat’ yang bisa membantu mengatasi masalah pencernaan.

2. Pepsi Sempat Menjual Minuman Bening

Minuman bening sempat hits beberapa tahun belakangan. Ternyata, minuman ini sudah ada sejak era 1990-an. Sebagai contoh, pada 13 April 1992 PepsiCo memperkenalkan Crystal Pepsi di beberapa negara bagian Amerika Serikat. Agen Domino

Sayangnya, namun umur Crystal Pepsi tidak bertahan lama setelah kemunculan Tab Clear buatan pesaingnya, Coca-Cola. Semenjak kehadiran Tab Clear itu, penjual Crystal Pepsi merosot dan pada tahun 1993, PepsiCo menarik Crystal Pepsi dari pasaran.

3. Sempat diprotes Karena dituding Sindir Kulit Hitam

Tahun 2017 lalu, Pepsi mendapat kritikan keras dari warganet AS lantaran mengunggah iklan terbaru mereka yang di bintangi Kendall Jenner. Dalam iklan tersebut digambarkan bahwa Kendall Jenner memberikan Pepsi kepada polisi yang sedang berjaga dalam aksi demonstrasi.

Banyak warganet menyebut iklan tesebut pro terhadap polisi, dan menyepelekan penembakan polisi terhadap laki-laki kulit hitam. Karena Kecaman itulah, Pepsi akhirnya meminta maaf, dan menurunkan iklannya yang diunggah di Youtube.

4. Pernah menjual Pepsi Blue, Namun akhirnya ditarik di Beberapa Negara.

Masi ingat dengan Pepsi blue? minuman yang di luncurkan pada 2002 ini adalah jawaban bagi mereka yang suka dengan varian cola bercita rasa manis dan sentuhan akhir berry. Sayangnya, kehadiran minuman ini juga menuai banyak kecaman.

Minuman ini mendapat protes lantaran menggunakan Blue 1, sejenis pewarna yang dilarang di beberapa negara. Karena itulah pada 2004, produksi Pepsi Blue di hentikan di Kanada dan Amerika Serikat.

5. Hanya Bertahan 6 Tahun di Indonesia

Pepsi mulai masuk ke Indonesia pada September 2013 silam, melalui perusahaan patungan yaitu PT Asahi Indofood Beverage Makmur (AIBM) dan PT Indofood Asahi Sukses Beverage (IASB). Keduanya berhasil menyelesaikan transaksi akuisisi saham PT Pepsi-Cola Indobeverage (PCIB).

Setelah enam tahun berjaya, Pepsi Indonesia kemudian mengumumkan kontrak antara AIBM dan PepsiCo Inc telah berakhir. Keduanya pun sepakat untuk tidak melanjutkan kerja sama lagi.

Hengkangnya Pepsi Indonesia juga berdampak pada supply Pepsi di beberapa restorran dan toko. Salah satunya adalah KFC. Direktur PT Fast Food Indonesia Tbk (KFC), Justinus Dalimin, mengaku sudah mendengar kabar ini sejak beberapa bulan lalu.

“Makanya kontrak dengan kami juga akan berakhir di Oktober 2019. Setelah kontrak berakhir akan pakai Coca-Cola,” katanya. AduQ Online Terbaik

Hal senada juga di ungkapkan Jeo Sasanto, Direktur PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut). Dia menyebutkan telah mengganti pasokan pepsi dengan Coca-Cola secara bertahap hingga akhir Oktober 2019.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*