Negara Teluk Tolak AS Soal Israel Kuasai Dataran Golan

Negara Teluk Tolak AS Soal Israel Kuasai Dataran Golan

Tulissaja.com – Empat negara Teluk hari ini menyatakan sudah menolak keputusan dari Amerika Serikat yang mengakui kedaulatan Israel atas dasar Dataran Tinggi Golan.

Bahrain, Arab Saudi, Kuwait, dan Qatar –kesemuanya ialah sekutu AS–mengecam keputusan Presiden Donald Trump dan mengakui pencaplokan Israel atas wilayah itu dari tahun 1981.

“Keputusan itu juga akan berdampak negatif pada proses perdamaian di Timur Tengah dengan keamanan dan stabilitas di kawasan,” kata pernyataan kantor berita Arab Saudi, SPA, seperti yang dikutip dari lamam Tulissaja.com, Selasa (26/3).

Baca Juga : SDF, Sebut ISIS Sudah Dikalahkan

Deklarasi pengakuan dari AS itu disebut sebagai pelanggaran dengan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa juga hukum internasional.

Kuwait dan Bahrain mengatakan mereka juga menyesalkan keputusan AS itu sedangkan Qatar menyerukan Israel untuk mengakhiri pendudukan di Dataran Tinggi Golan dan patuh pada peraturan atau resolusi internasional.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang datang ke Washington menyaksikan langsung penandatangan pengakuan dari AS itu oleh Presiden Donald Trump.

Israel mengambil alih wilayah Dataran Tinggi Golan dari Suriah pada perang Enam Hari 1967 dan mencaploknya pada 1981 meski tak diakui dunia internasional.

Nonton Online: www.nof21.com

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*