Inilah Para Legenda Olahraga Dunia

MUHAMMAD ALI

Inilah Para Legenda Olahraga Dunia

Sejumlah atlet telah menjadi legenda dalam dunia olahraga yang ditekuninya. Meski sebagian besar sudah lama mengundurkan diri dari dunia yang telah melambungkan namanya, mereka masih saja diperbincangkan hingga saat ini. Bahkan atlet yang sekarang menjadi bintang pun akan dikait-kaitkan dengan sang legenda, baik dari sisi kemampuan maupun prestasi. Berikut sejumlah legenda olahraga tersebut.

Muhammad Ali Seorang Petinju
Muhammad Ali, terlahir dengan nama Cassius Marcellus Clay Junior, menjadi salah satu petinju paling fenomenal yang pernah dikenal dunia. Ali merupakan petinju pertama yang merebut sabuk gelar juara dunia kelas berat untuk tiga kesempatan berbeda dan mempertahankannya 19 kali. Ali memutuskan benar-benar berhenti bertinju di usia 39 tahun pada 1981. Ali membukukan rekor bertanding 56 kemenangan dengan 37 menang KO dan lima kali kalah.

Diego Maradona seorang pesebakbola
Pesepak bola yang terkenal dengan ‘gol tangan tuhannya’ ini, sukses meraih banyak piala dari beragam level kompetisi. Bahkan Maradona juga sempat menjadi juara di tiga negara berbeda yakni Argentina, Italia, dan Spanyol. Tidak berhenti disitu saja, juara Piala Dunia juga sempat mengisi catatan manisnya pada 1986 dan pada 1976 saat bersama Argentina U-20. Dan sosoknya kini menjadi legenda olahraga yang namanya selalu dieluh-eluhkan insan bola.

Michael Jordan seorang pebasket
Membawa sebuah tim dari biasa menjadi luar biasa memang sulit, tapi bukan tidak mungkin. Kurang lebih itulah yang dilakukan oleh Michael Jordan, pemain basket basket NBA yang pensiun pada 2003 silam. Menurut banyak pengamat, Michael Jordan-lah yang menjadi bintang utama dalam membawa Chicago Bulls pada puncak kejayaan saat meraih titel NBA Championship untuk pertama kali pada 1991. Sejak saat itu, pemain yang dikenal dengan lompatan tingginya tersebut, diakui menjadi pemain legenda dalam sejarah NBA.

Garry Kasparov seorang pecatur
Catur mungkin memang tidak sepopuler sepak bola atau basket, tapi olahraga yang juga termasuk berat ini tetap memiliki legendanya sendiri. Garry Kasparov adalah nama terkenal dalam dunia catur. Pria kelahiran Rusia ini menjadi pria termuda yang memenangi World Chess Championship. Bahkan ia memegang rekor nomor 1 dan tidak tertandingi selama 12 tahun.

Michael Schumacher seorang pembalap F1
Michael Schumacher adalah legenda. Ia lebih dari sekadar bintang di Formula Satu. Bila sepak bola punya Diego Maradona, maka ajang jet darat itu punya Schumacher sebagai jawabannya. Bersama dengan tim Ferrari pria berkebangsaan Jerman ini telah membuat namanya dikenal hampir setiap orang di dunia ketika berjaya tahun 1990-an sampai 2000-an. Schumi tercatat telah tujuh kali menjadi juara dunia

Usain Bolt seorang atletik pelari
Dengan mengandalkan kecepatan lari pun, seseorang dapat mendapat pengakuan dari dunia. Orang itu adalah Usain Bolt, atlet lari berkebangsaan Jamaika. Julukan “Lightning Bolt” adalah julukan yang media berikan untuknya atas prestasi yang telah ia raih. Usain Bolt merupakan raja lari di kelas 100 dan 200 meter sekaligus pemegang rekor di kedua kelas tersebut.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*