Fakta Menarik Ubur-Ubur, Hewan Purba hingga Pernah ke Luar Angkasa

Fakta Menarik Ubur-Ubur, Hewan Purba hingga Pernah ke Luar Angkasa

Ubur-ubur memang menjadi salah satu biota laut yang paling cantik, sekaligus misterius. Tahukah anda, ubur-ubur telah hidup di bumi ratusan juta tahun sebelum dinosaurus.

Berikut fakta menarik tentang ubur-ubur :

Hewan Purba

Ubur-ubur tidak memiliki tulang, sehingga fosilny sulit didapatkan oleh para peneliti. Namun demikian, para ilmuwan memiliki bukti bahwa makhluk ini terombang-ambing di Samudera dunia selama setidaknya 500 juta tahun.

Bahkan kemungkinan garis keturunan ubur-ubur tersebut lebih dari 700 tahun sebelumnya, dan itu kira-kira tiga kali usia dinosaurus yang pertama, artinya ubur-ubur telah ada ratusan juta tahun seblum dinosaurus. BandarQ Online

Dapat bertahan dengan pH Air Laut yang Berubah

Dari laporan terbaru UN Intergovernmental Panel on Climate Change, menyatakan bahwa hewan yang satu ini tidak seperti kebanyakan biota laut lainnnya. Ubur-ubur tetap berkembang pesat di lautan yang ekosistemnya terganggu oleh gelombang panas laut, peningkatan kadar asam laut, penangkapan ikan berlebih, dan berbagai ulah manusia lainnya.

Uniknya bagi ubu-ubur, aktivitas manusia telah membuat mereka merasa lebih betah. Sementara karang, tiram, dan organisme laut apapun yang akan rentan berpengaruh bahkan mati karena kadar lautan yang semakin asam. Meski, hal ini bukan berarti ubur-ubur tersebut kebal.

Ubur-Ubur Bukan Ikan

Jelas sekali dari perawatan yang terlihat dari ubur-ubur, ia bukanlah spesies ikan. Ubur-ubur termasuk jenis zooplankton agar-agar atau invertebrata dari filum Cnidaria. Secara taksonomi, ubur-ubur memiliki varietas yang sangat beragam.

98 Persen Berupa Air, tanpa Otak dan Hati

Telah dikatakan sebelumnya bahwa ubur-ubur di anggap lebih baik dalam bertahan terhadap pengaruh perubahan yang terjadi di lautan. Nah, mungkin anda pernah melihat pergerakan atau cara ubur-ubur berenang di dalam air?

Ubur-ubur cenderung mudah berbaur dengan lingkungannya dan mengikuti gelombang lembur dari arus lautan. Hal ini dikarenakan tubuhnya terdiri dari 98 persen air.

Ketika anda mencoba mengeluarkan ubur-ubur dari air dan menaruhnya di daratan, maka dalam beberapa jam ubur-ubur itu menghilang setelah tubuh mereka menguap ke udara. Mereka memiliki system saraf yang belum sempurna. Jaringan saraf longgar yang terletak di epidermis yang disebut dengan jaringan saraf, tetapi tidak ada otak dan hati. Serta, struktur tubuh mereka sangat tipis sehingga mereka dapat di oksigenasi hanya dengan difusi.

Beberapa Jenis Ubur-Ubur Memiliki Mata

Beberapa spesies ubur-ubur memiliki penglihatan yang sangat kompleks. Seperti jenis ubur-ubur kotak yang memiliki 24 mata, dua di antaranya mampu melihat warna.

Bahkan juga di percaya ada ubur-ubur dengan sensor visual yang rumit, hingga dapat melihat dengan pandangan 360 derajat penuh terhadapat lingkungan disekitanya. AduQ Online Terbaik

Beberapa Jenis Mungkin Abadi

Setidaknya satu spesies unik ubur-ubur yaitu Turritopsis Nutricula mungkin tidak pernah benar-benar mati. Ketika terancam, spesies ini mampu menjalani “transdifferensiasi seluler” yaitu suatu proses dimana sel-sel organisme pada tubuhna menjadi baru kembali.

Buang Air Besar di Tempat Mereka Makan

Bagaimana menurut anda? ini adalah keunikan dari ubur-ubur. Mereka hanya memiliki satu lubang yang fungsinya sebagai mulut dan anus.

Makhluk Paling Mematikan di Bumi

Semua ubur-ubur memiliki nematocyst atau struktur menyegat, dengan kekuatan sengatan yang bervariasi tergantung pada jenisnya. Ubur-ubur yang paling berbisa di dunia yaitu ubur-ubur kotak, yang mampu membunuh manusia dewasa hanya dengan sekali sengatan dalam beberapa menit saja.

Pada setiap ubur-ubur kotak, racunnya bisa cukup membunuh lebih dari 60 manusia. Manusia yang tersengat akan mengalami sakit yang sangat menyakitkan. Namun, para peneliti Australia telah megembangkan penangkal potensial untuk sengatan ubur-ubur kotak.

Telah ke Luar Angkasa

NASA pertama kali mulai mengirim ubur-ubur ke luar angkasa di atas pesawat ulang-alik Columbia pada awal tahun 1990-an, untuk menguji bagaimana ubur-ubur tersebut bisa beradaptasi dalam lingkungan tanpa gravitasi.

Hal ini dilakukan karena manusia dan ubur-ubur mengandalkan kristal kalsium yang peka terhadap gravitasi khusus untuk mengorientasikan diri. Kristal-kristal itu terletak di dalam telinga bagian dalam pada manusia, dan di sepanjang tepi bawah tubuh ubur-ubur yang mirip jamur.

Oleh sebab itu, para ilmuwan ingin mempelajari bagaimana ubur-ubur beradaptasi di ruang angkasa untuk mendapatkan petunjuk tentang bagaimana hal tersebut berlaku pada manusia.

Ukurannya Beragam

Jenis terkecil dari ubur-ubur ialah genus Staurrocladie dan Eleutheria, yang tentakelnya berukuran 0,5 milimeter hingga berdiameter beberapa millimeter.

Sebaliknya, jenis ubur-ubur dengan tentakel terpanjang di dunia yaitu Cyanea Capillata. Tentakelnya memanjang sejauh 120 kaki atau 36,5 meter.

Ubur-ubur terbesar di dunia berdasarkan berat adalah ubur-ubur Nomura titanic, Nemopilema momurai, yang dapat mengerdilkan penyelam manusia. Binatang ini dapat memiliki diameter 6,5 kaki dan beratnya mencapai 199.5 kg. Agen Domino 99

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*