Empat Cara Merayakan Hari Batik

Empat Cara Merayakan Hari Batik

Tanggal 2 Oktober 2009, Batik diakui sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia.

Pengakuan batik sebagai warisan ini berlaku sejak Badan PBB untuk pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan atau UNESCO, menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and the Intangible Heritage of Humanity).

Sejak saat itu, tanggal 2 Oktober selalu menjadi momentum special bagi masyarakat Indonesia dan di peringati sebagai hari batik. AduQ Online Terbaik

Namun, 2 Oktober tahun ini lebih special. Sebab, tahun ini merupakan tahun ke-10 batik di akui sebagai warisan budaya dunia.

Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk merayakan Hari Batik. Tak hanya agar memakai batik terwariskan ke generasi-generasi yang lebih muda, tetapi juga untuk memperkuat eksistensi batik.

Aktivitas-aktivitas berikut ini bisa jadi inspirasi :

1. Memakai Batik

Cara paling sederhana, yaitu menggunakannya paa hari batik serta hari lainnya. Ada berbagai model yang bisa kamu pilih.

Jangan lupa untuk berusaha membeli batik asli, yaitu tulis atau cap, karena di buat secara manual dengan tangan para pengrajin batik. Sehingga membeliBatik asli, bukan print, sama dengan mendukung para pengrajin. Agen Domino 99

2. Menghadiri Gelaran Spesial Hari Batik

Jika ingin berpartisipasi pada gelaran berskala besar, kamu bisa mencari informasinya lewat mesin pencari atau media sosial. Salah satu gelarannya adalah puncak Perayaan Hari Batik Nasional 2019 yang di pusatkan di Solo pada 2 Oktober.

Beberapa kota atau lingkungan sekitarmu biasanya juga menyelenggarakan hari perayaan batik kecil. Cobalah mencari informasi tentang agenda sekitar. Tak hanya hadir dan menyaksikan, di beberapa acara kami mungkin juga bisa ikut berpartisipasi aktif.

3. Berkunjung ke Meseum atau Kampung Batik

Selain dengan mengenakan batik, kita bisa juga datang ke museum yang menyediakan koleksi batik.

Kampung Batik juga bisa dijadikan destinasi. Di antaranya Kampung Batik Laweyan, Kampung Batik Semarang Kampung Batik Putat Jaya, Kampung Batik Palbatu.

4. Belajar Membatik

Kamu bisa juga belajar membuat batik sendiri. Selain mengetahui prosesnya, belajar membatik juga akan membuat kita lebih menghargai karya para pengrajin batik. BandarQ Online

Beberapa kampung batik memungkinkan tamunya untuk mencoba membuat batik sendiri. Salah satunya adalah Kampung Batik Laweyan, Solo.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*