Aduk Salad Yu Sheng Harus Diangkat Tinggi, Kenapa?

Aduk Salad Yu Sheng Harus Diangkat Tinggi, Kenapa?

Dalam merayakan hari raya Tahun Baru China, paling menyenangkan jika bisa menghabiskan waktu bersama keluarga. Apalagi sambil menikmati beragam hidangan khas imlek yang mengandung banyak filosofi kemakmuran. Salah satunya Yu Sheng.

Yu Sheng sendiri adalah salad segar yang disajika spesial saat imlek. Hidangan ini bukan berasalh dari budaya China, tetapi khas Singapura. Tak hanya isi salad ini yang unik. tetapi juga cara menyantapnya. Sebelum dimakan, salad harus di aduk dengan cara diangkat setinggi mungkin. Ada makna tersendiri di baliknya. BandarQ Online

Namun sebelumnya, mari lihat isi salad Yu Sheng. Salad ini terdiri dari sekitar 17 macam bahan segar yang di siram dengan saus nikmat dan ikan mentah.
“Wortel, jeruk bali, ubur-ubur, rumput laut, manisan gula, lobak putih, wijen, ada kerupuk, kacang, dan ada ikan salmon,” jelas Chef Suyanto.

Suyanto merupakan Chef Chinese Food di Restoran Tien Chao Hotel Gran Melia Jakarta. Ia menambahkan, sausnya memakai plum sauce di campur dengan minyak bawang. “Minyak bawangnya kita buat sendiri jadi bau minyaknya wangi,” jelasnya.

Yu Sheng yang ada di Restoran Tien Chao ini disajikan dalam satu piring besar. Mengapa piring besar? karena, biasanya di santap bersama seluruh anggota keluarga. hal ini melambangkan keberkahan dan kebersamaan dalam keluarga. Setiap bahan dalam salad ini juga memiliki filosofi masing-masing.

“Ada 17 macam bahan itu simbol China untuk rezeki kita. Kalau nomornya ganjil di anggap ada nilai lebihnya,”ujar Chef Suyanto.

SIMBOL DARI SETIAP BAHAN YU SHENG

Sementara untuk simbol beberapa bahan, pertama adalah kacang giling yang melambangkan emas dan perak. Lalu kerupuk melambangkan emas murni. Sementara wijen melambangkan banyak berkah rezeki. AduQ Online Terbaik

CARA MENYANTAP YU SHENG

Selain setiap bahan dalam Yu Sheng yang memiliki maknanya masing-masing, cara menyantapnya pun begitu.

Pertama, untuk penyajian Yu Sheng adalah memeras jeruk ke atas salmon. Setelahnya salmon di tata di atas wortel. Kemudian saus disajikan untuk di campur dengan salad. “Kacang di campur, wijen, lalu kerupuk. Saus kita putar penuangannya. Kenapa dibikin berputar? untuk keberkahan suatu keluarga bisa terpenuhi semua. Berkah dalam satu keluarga terpenuhi semua, keberkahannya berputar,” kata Suyanto.

Dalam proses penataan juga terdapat doa-doa yang harus di ucapkan. Doa-doa tersebut memiliki filosofi dan harapan yang mewakili kemakmuran, nasib baik, dan pengharapan rezeki. setelah di tata, proses pengadukan jadi langkah selanjutnya. Proses ini juga penuh filosofi sekaligus yang paling seru.

Proses pengadukannya di lakukan bersama-sama menggunakan sumpit dan diangkat tinggi-tinggi. Konon, semakin tinggi Yu Sheng di aduk dan di angkat, maka akan semakin berkah pula. Sambil diaduk dan diangkat, juga ada doa khusus yang diucapkan.

Menggunakan sumpit, salad di angkat ke atas sambil mengucapkan “Lo Hei… Lo Hei!”
Semakin tinggi salad dilemparkan maka akan semakin banyak rezeki di tahan baru.

PENUH RASA DAN TEKSTUR

Setelah dicampur, saatnya menyantap Yu Sheng. Salad ini memiliki rasa dan tekstur yang menarik. Hampir semua rasa dan tekstur ada di dalamnya. Rasanya segar, ada rasa asam, manis, sedikit kecut, dan agak pedas. Rasa asam berasal dari saus plum dan rasa gurih serta harum berasam dari minyak bawang.

Racikan bahan-bahan ini membuat Yu Sheng jadi special. Sebagian bahan sayuran di sajikan dengan cara di serut atau di potong tipis-tipis.

Maka ketika selesai di campur, bentuknya mirip dengan mi. Ada sedikit rasa pedas dari jahe, lalu sedikit manis dan kecut dari manisan gula dan jeruk bali.
Namun yang paling nikmat adalah daging ikan salmon mentah. Rasanya sangat segar dan memberikan sedikit rasa gurih yang khas pada salad. Ada juga rasa kacang tanah dan wijen yang cukup kuat. Agen Domino

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*