Manfaat yang Bisa Didapat oleh Jantung dari Berpuasa

 Manfaat yang Bisa Didapat oleh Jantung dari Berpuasa

Kurang dari sebulan akan menuju bulan Ramadan mendatang. Di bulan ini, umat muslim bakal menjalankan ibadah puasa sepanjang satu bulan. Walaupun telah lama diketahui memiliki manfaat pada kesehatan, ibadah puasa diketahui juga memberikan manfaat untuk pasien penyakit jantung.

“Sebetulnya yang harus harus dilakukan pasien penyakit jantung ialah restriksi cairan, salah satunya dengan mengurangi asupan minum. Cairan berlebih juga akan membuat jantung jadi overload, padahal jantungnya sendiri sudah lemah,” ujar Yoga Yuniadi, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Konsultan di Jakarta.

Selama puasa, organ tubuh juga termasuk pencernaan akan beristirahat. Puasa dilakukan untuk mengurangi intake cairan sehingga tak membuat jantung semakin membengkak. Jantung yang membengkak bisa menyebabkan sesak napas juga melemahnya pompa darah.

Baca Juga : Begini Cara Mengatasi Telinga yang Tiba-Tiba Serasa Tertutup

Tapi bukan berarti pasien tak memerlukan cairan sama sekali. Pasien penyakit jantung disarankan harus meminum air putih dengan jumlah maksimal 1,5 liter.

Khusus penderita gagal jantung, pasien diharapkan berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu. Umumnya, obat terapi gagal jantung hanya bisa diberikan sebanyak satu kali dalam sehari.

“Kalau sifat obatnya menurunkan denyut, lebih baik diberikan pada pagi hari. Tapi obat yang sifatnya mengeluarkan cairan lebih baik di sore hari karena kalau pagi, pasien pasti akan makin dehidrasi karena sepanjang puasa dia tidak ada intake cairan,” ujarnya.

Nonton Online Gratis: www.nof21.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*