Kisah Penangkapan Xanana Gusmao Oleh Prajurit Kopassus TNI

Kisah Penangkapan Xanana Gusmao Oleh Prajurit Kopassus TNI

Tulissaja.com – Mantan Perdana Menteri Timor Leste yaitu, Xanana Gusmao beliau menjenguk ibu Ani Yudhoyono di Singapura. Xanana yaitu sahabat baik SBY dan juga para presiden RI. Hubungan antara Timor Leste dan Indonesia juga sangat baik hingga kini. Ada kisah yang menarik dalam sejarah yaitu bagaimana dulu Xanana Gusmao memimpin gerilyawan dari Fretilin juga melawan tentara Indonesia.

Yaitu El komandan ini dikenal sangat tangguh dan juga sudah menguasai medan perang sampai berkali-kali lolos dari tangkapan pasukan TNI. Adalah tugas di bagian tim Kopassus TNI AD yaitu memburu Xanana. Setelah Presiden Fretilin Nicolao Lobato ditembak mati, Xanana yang menggantikan posisinya. Dia menjadi ikon perlawanan rakyat Timor Leste.  Agen Domino99

Suatu hari, ada juga informasi untuk keberadaannya di daerah pegunungan dekat dengan Kota Ainaro. Berbagai kesatuan sudah bergerak mengepung tempat itu. Untuk digambarkan tempat bersembunyi Xanana disebuah lereng terjal yang juga di bawahnya ada sungai. Tanggal 20 November 1992, Tim Kopassus juga bergerak ke persembunyian Xanana di sebuah pondok.

Ada yang mencurigakan di dalamnya. Naluri menjadi prajurit terlatih segera bicara. Mereka menggeser sebuah lemari. Dan benar saja, di sana juga ada sebuah lubang yang ditutupi plastik dan papan.

“Begitu tingkap dibuka, dengan tenangnya Xanana dari bawah langsung mengangkat kedua tangan lalu tersenyum juga tidak menunjukkan rasa takut,” kata seorang perwira Kopassus, Bambang Ismawan yang saat peristiwa itu sudah berpangkat Letnan Satu. Agen Bandarq

Menurut Bambang, dari tim ini sudah siap ingin menembak dan menyangka Xanana ingin memberikan perlawanan. Namun ternyata komandan gerilya itu sangat sopan santun dan menyerah.

Tim penyergap kemudian langsung membawa Xanana di Pangkolaps Brigjen TNI Theo Syafei yang kemudian melapor kepada Panglima Jenderal Try Sutrisno di Jakarta. Xanana kemudian dipenjara di LP Cipinang Jakarta. Saat kemudian Timor Leste berpisah dengan Indonesia, dia juga menjadi Presiden pertama Timor Leste tahun 2002-2007 dan menjadi Perdana Menteri dari tahun 2007 hingga 2015.

Pria keturunan Porto-Tetun terus menduduki sejumlah posisi yang strategis pada pemerintahan. Saat ini Xanana Gusmao menjadi menteri perencanaan dan investasi Strategis. Dia juga terus menjalin persahabatan yang baik dengan Indonesia. Judi Uang Asli

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*