Indonesia Resmi Mengajukan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Indonesia secara resmi telah mengajukan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Pengajuan ini ditandai dengan, penyerahan surat asli Presiden RI kepada Presiden International Olympic Committee (IOC), Thomas Bach di Sekretariat IOC Lausanne Swiss.

Karena, Presiden RI Joko Widodo. Sempat menyampaikan hasrat Indonesia ingin menjadi tuan rumah olimpiade kepada Thomas Bach secara lisan. Ketika beliau berkunjung ke Indonesia pada 2018 ketika menghadiri asian games 2018. Presiden juga memberitahukan surat yang menyatakan impian Indonesia tersebut secara tertulis.

Salinan surat pun  telah diterima oleh Thomas dan direspons dengan positif. Terlebih pasca keberhasilan Indonesia selama perhelatan Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Pada pertemuan dengan Dubes RI Bern Muliaman D Hadad, Christophe Dubi selaku Executive Director IOC. Memberikan respons yang positif terhadap permohonan Indonesia tersebut. Dan mengupayakan agar bisa bekerja sama lebih lanjut semasa proses pemilihan tuan rumah olimpiade berlangsung.

IOC, sudah mengakui kemampuan Indonesia. Yang sukses menyelenggarakan Asian Games dan Asian Paragames 2018. Kami rasa ini menjadi fondasi yang cukup kuat,” papar Dubi pada pertemuan tersebut.

Dubes RI, menyampaikan jika aplikasi Indonesia sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032. Akan menjadi sebuah kesempatan baik untuk memperlihatkan kesanggupan ekonomi Indonesia. Khususnya sebagai negara berpenduduk terbesar ke-4 di dunia dan anggota G-20.

Selain itu, hal ini akan jadi like momen yang tepat untuk menunjukkan kapabilitas Indonesia sebagai negara besar. Seperti, pengalaman Indonesia di tahun 2018 lalu. Patut diacungi jempol dan menjadi bahan untuk dipertimbangkan.

Proses pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032, akan dilaksanakan paling lambat pada 2024. Olimpiade selanjutnya akan berlangsung di Tokyo, Jepang pada 2020. Kemudian Paris (Prancis) memenangkan bid tuan rumah Olimpiade 2024, diikuti oleh Los Angeles (Amerika Serikat) pada 2028 mendatang.

1 Trackback / Pingback

  1. PM Pertahanan Australia Menang Pemilu, Oposisi Legowo Ucapkan Selamat | TulisSaja

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*