Duterte Ucapkan Takbir, Sebut Sebagian Dirinya Adalah Islam

Duterte Ucapkan Takbir, Sebut Sebagian Dirinya Adalah Islam

Tulissaja.com – Presiden Filipina yaitu Rodrigo Duterte Jumat lalu berkata nama Allah dan mengucapkan takbir setelah terlaksananya refrendum pemungutan suara yang sudah menghasilkan keputusan wilayah otonomi bagi muslim Bangsamoro di wilayah selatan Filipina.

“Tuhan itu sangat baik kepada kita. Fakta kita sudah mencapai tahap ini dan berunding bertahun-tahun juga banyak gangguan. Kita akhirnya bisa sampai di sini. Insyaallah. Tuhan Maha Besar. Allahu Akbar,” kata presiden tersebut, seperti dilansir laman Tulissaja, Senin (18/2).

Berbicara di depan hadirin yang juga didominasi masyarakat muslim di Kota Cotabato. Duterte juga berseru: “Ada bagian dari diri saya yang sebenarnya ada darah Islam.”

“Itulah sebabnya, jika saya juga para pendeta gila ini bertengkar, saya bukan Katolik. Saya Islam … dan itu benar,” tambahnya dalam bahasa daerah , sebagaimana dikutip dari Tulissaja pada Selasa (19/2).

Hasil referendum Bangsamoro kini memberikan komunitas muslim di Filipina selatan otonomi lebih besar juga sehingga diharapkan berdampak untuk kemajuan politik dan ekonomi pada  daerah setempat.

“Sungguh, tanpa Allah, hal ini akan sangat sulit bagi kita,” lanjut presiden berkuasa Filipina itu.

Rodrigo Duterte, yang lahir dan besar sebagai seorang penganut Katolik, kerap juga bersitegang dengan para pemimpin gereja karena keras kepalanya dan juga argument yang sangat keras, dan seringkali mempertanyakan tentang doktrin-doktrin agama ini.

Duterte sering menuduh Gereja Katolik sebagai institusi yang sangat munafik, dan juga mengatakan tak punya hak untuk mengkritik kebijakannya, karena menurutnya, gagal mendisiplinkan anggota yang juga melanggar hukum.

1 Trackback / Pingback

  1. Bangladesh Gagalkan 115 Pengungsi Rohingya ke Malaysia | TulisSaja

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*